Minggu, 20 September 2020

MANFAAT DAN KERUGIAN JARINGAN KOMPUTER SECARA UMUM

Manfaat dan Kerugian Jaringan Komputer Secara Umum: secara umum, ada baiknya kita mengenal sejarah jaringan komputer serta prinsip atau pengertian dari jaringan komputer itu sendiri.


Sejarah dibuatnya Jaringan Komputer


Dikutif dari sebuah buku yang disusun oleh Bpk Andi Novianto, S.Kom., M.H, Drs. Muh. Kasmadi, M.M. dan Sidik Pramono, S.Ko.  Jaringan komputer bermula dari ide untuk menghubungkan beberapa komputer lengkap dengan sistem operasi untuk mempermudah pekerjaan. Proyek ini terjadi pada tahun 1940-an dan diberi nama Model I, yang dikerjakan dilabolatorium Bell ilik Group Harvard University. Secara bersamaan, berkembang model super komputer dengan fisik lebih besar, yang memiliki kekuatan, kecepatan dan keandalan yang lebih baik. Model ini digunakan untuk melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).
Karena harganya yang mahal, muncullah konsep terdistribusi yang memberikan tugas pada tiap host untuk mengerjakan prosesnya sediri pada jaringan. Setelah tahun 1970-an, model transistor berevolusi menjadi lebih ramping dan kecil dengan kemampuan yang lebih baik serta harganya yang lebih murah. Selain itu aturan protokol jaringan sudah mulai dibakukan sehingga memungkinkan terjadinya koneksi antar platform hardware yang berbeda-beda.

Jadi Apa pengertian Jaringan Komputer?
Jaringan komputer merupakan kumpulan beberapa komputer yang terhubung melalui media transmisi dengan aturan/protokol tertentu sehingga dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya.

Apa sih tujuan pembangunan jaringan komputer?
Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa informasi secara tepat tanpa ada kesalahan dari sisi pengiriman menuju penerima melalui media komunikasi.

Apa sih manfaat Jaringan komputer?
Manfaat jaringan komputer secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Berbagi Informasi dan sumber daya; Dengan jaringan komputer, kita bisa memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada secara fisik bersama-sama seperti hardisk, printer, dan lain-lain.
  2. Integrasi Data; Maksudnya adalah dengan jaringan, kita bisa menyatukan data yang terpisah oleh jarak dan waktu dengan cepat dan akurat.
  3. Aplikasi dapat digunakan bersama (multiuser); Dengan jaringan kita bisa menggunakan suatu aplikasi yang ada pada sebuah host tanpa harus menginstalnya di komputer sendiri.
  4. Komunikasi; Dengan adanya jaringan, kita bisa berkomunikasi satu sama lain dengan cepat dan mudah baik suara maupun video. Contohnya sosial media.
  5. Distribusi beban kerja; Dengan jaringan, kita bisa membagi beban kerja ke beberapa komputer sehingga proses tidak terpusat dan beban kerja menjadi ringan.
  6. Keteraturan aliran informasi; Data yang telah dioleh jadi informasi dapat diakses dengan mudah oleh pengguna sesuai kebutuhan.
  7. Keamanan Data; Dengan jaringan, kita dapat mengamankan data dengan memberi batasan hak akses pengguna komputer terhadap data yang ada.
  8. Hubungan berbagai jenis dan merek komputer; Dengan adanya komputer, hubungan dan kompunikasi antar komputer yang berbeda-beda merek, jenis dan standar protokol bisa dibangun dengan mudah.

Klo kerugiannya apa?
Selain manfaat yang diberikan, tentu ada juga kerugian yang timbul dari jaringan komputer diatanranya:
  1. Membutuhkan biaya yang tinggi; Untuk membangun sebuah jaringan tentu tidaklah gratis bahkan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli perangkat yang akan digunakan.
  2. Manajemen perangkat keras dan Administrasi Sistem; Untuk membangun jaringan yang handal tentu harus mempunyai perencanaan yang tepat baik itu dalam penggunaan perangkat maupun administrasi sistemnya karena jika tidak dilakukan dengan benar maka akan sangat tidak bagus hasilnya terutama untuk pengembangan kedepannya.
  3. Sharing file yang tidak diinginkan; Sharing file tentunya ditujukan untuk orang-orang tertentu akan tetapi jika seorang administrator tidak jeli ini bisa mengakibatkan file yang kita share tersebut terbaca / dibaca oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab sehingga data yang kita share jadi bocor kepada orang yang seharusnya tidak boleh tau.
  4. Mudah terkena virus; Dalam sebuah jaringan terutama jaringan peer to peer jika sebuah komputer terkena virus, maka virus tersebut akan cepat menyebar ke komputer yang lainnya yang terhubung pada jaringan tersebut.
  5. Membutuhkan keamanan yang kuat; Untuk menghidari / mencegah serangan hacking atau bocornya informasi kepada yang tidak bertanggung jawab, maka dibutuhkan keamanan yang tinggi agar data yang ada tidak mudah dibobol oleh orang-orang yang tidak diinginkan.


Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Jaringan komputer dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dimana dengan adanya jaringan komputer, kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Akan tetapi selain manfaat yang didapatkan jangan lupa bahwa jaringan komputer itu juga mempunyai beberapa kerugian diantaranya masalah keamanan data.

Previous Post
Next Post